Categories
Uncategorized

Penyebab Gigi Tonggos dan Cara mengatasinya

Orang-orang dengan gigi atas yang lebih maju dibandingkan gigi bawah dapat dikatakan memiliki gigi tonggos. Kondisi ini dapat membuat seseorang kesulitan menutup mulut dan kehilangan rasa percaya diri.

 

Untungnya, masih ada cara untuk merapikan gigi tonggos dan membuat anatomi gigi kembali normal. Simak lebih lanjut dalam informasi berikut ini.

Apa itu gigi tonggos?

Gigi tonggos yang dikenal juga dengan istilah gigitan berlebih (overbite) adalah kondisi ketika posisi gigi atas lebih maju dibandingkan gigi bawah.

 

Beda jarak yang normal antara deret gigi atas dengan bawah biasanya tidak terlalu kentara, tapi dapat dikatakan tonggos jika berjarak lebih dari 2 mm.

 

Seseorang dikatakan punya gigi tonggos bila memiliki salah satu dari kondisi berikut.

 

  • Ukuran rahang atas lebih besar dari ukuran normal, tapi ukuran rahang bawah normal.
  • Ukuran rahang atas normal, tapi ukuran rahang bawah lebih kecil dari normal.

 

Cara merapikan gigi tonggos

Selama tidak memengaruhi kehidupan Anda, gigi tonggos sebetulnya tidak memerlukan penanganan. Namun, jika Anda merasa terganggu, tidak ada salahnya untuk memperbaiki struktur gigi Anda.

 

Selain memperbaiki estetika gigi, perawatan ini juga bertujuan untuk mencegah komplikasi yang mungkin timbul.

 

Berikut pilihan cara merapikan gigi yang berantakan atau tonggos.

 

  1. Pemasangan kawat gigi

Pemasangan kawat gigi atau behel merupakan perawatan yang paling sering dianjurkan dokter untuk mengatasi gigi tonggos. Semakin dini perawatan ini dilakukan, hasilnya akan semakin baik.

 

Sebelum pasang kawat gigi, Anda harus melakukan beberapa sesi konsultasi dan menjalani rontgen gigi. Dengan cara ini, dokter dapat menilai apakah Anda memerlukan kawat gigi.

 

Durasi pemakaian behel berbeda setiap orang, tergantung tingkat kerusakan gigi. Anda juga perlu melakukan kontrol rutin selama pemakaian behel dan mungkin menghindari makanan tertentu sesuai anjuran dokter.

 

Setelah behel dilepas, Anda harus memakai retainer supaya susunan gigi tidak lagi bergeser.

 

  1. Invisalign

Invisalign dapat merapikan gigi tonggos untuk tingkatan ringan atau sedang. Alat satu ini terbuat dari plasting bening elastis yang didesain sesuai susunan gigi Anda yang bisa dilepas-pasang.

 

Idealnya, invisalign harus digunakan selama 20 sampai 22 jam sehari. Anda perlu melepasnya saat makan, minum minuman panas dan mengandung gula, serta saat membersihkan gigi.

 

Anda juga harus rajin membersihkan invisalign supaya tidak ada noda yang menempel pada alat ini.

 

  1. Operasi

Operasi ortognatik (rahang) bisa menjadi solusi terbaik untuk memperbaiki kelainan struktur rahang dan gigi yang parah. Dokter dapat memasang sebuah pelat atau sekrup untuk menstabilkan tulang rahang.

 

Sebelum menjalani prosedur operasi, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dulu ke dokter. Tanyakan semua hal yang ingin diketahui dan sampaikan pula kekhawatiran Anda terkait kondisi ini.

 

Dokter gigi dapat memberikan saran tentang pilihan perawatan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *