Categories
Uncategorized

Behel vs Aligner, Pilih yang mana?

Selain behel, belakangan ini juga sering terdengar istilah Invisalign. Apa sebenarnya Invisalign? Invisalign adalah suatu brand ternama yang mempopulerkan perawatan orthodontik dengan menggunakan clear aligner. Berbeda dengan behel, aligner memiliki tingkat estetik yang sangat baik karena terbuat dari lapisan transparan yang melapisi gigi-gigi. Banyak selebriti Hollywood dan Indonesia menggunakan aligner ini untuk memperbaiki susunan gigi-giginya tanpa harus mengganggu tampilan senyumnya dengan objek lain yang terlihat jelas menempel di permukaan gigi-giginya. Hal ini menjadi salah satu faktor Invisalign cukup banyak diminati di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Kembali berbicara tentang behel, terdapat beberapa macam behel yang dapat kita pilih sesuai kebutuhan anda. Sama halnya seperti tren yang populer di masyarakat, semakin mahal dan memiliki nilai estetik yang tinggi, hal ini dianggap bisa meningkatkan gengsi seseorang, apalagi jika jenis behel yang digunakan juga dimiliki oleh selebriti terkenal. Jenis-jenis behel antara lain, metal braces, ceramic braces, sapphire braces, self-ligating braces dan lingual braces. Pemilihan jenis behel pada dasarnya disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan pasien. Cara kerja behel hampir semua sama, yang membedakan adalah material bracket dari behel tersebut. Ceramic dipilih karena memiliki tampilan yang menyerupai warna gigi, sayangnya beberapa laporan menyebutkan bahwa behel jenis ini mudah pecah. Sapphire braces dapat anda pilih karena memiliki tampilan yang sangat baik, dengan warna yang hampir transparan, braces ini sangatlah cocok untuk mereka yang menginginkan tampilan braces yang estetik. Dari segi kekuatan, sapphire braces jauh lebih kuat dibandingkan dengan ceramic braces, kekuatan dari sapphire braces bahkan hampir sama dengan metal braces. Self-ligating dapat anda pilih jika anda kurang mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan kontrol rutin setiap bulan karena bisa dikontrol setiap 3 atau 4 bulan sekali (tergantung kasus). Self-ligating braces pun unggul dari segi kebersihan karena tidak memerlukan karet untuk mengaktifkannya.

Jika membandingkan mana yang lebih baik, tentunya behel dan aligner tidak bisa dibandingkan karena indikasi penggunaannya sedikit berbeda. Behel ditujukan untuk merapikan gigi-gigi yang berjejal dengan kasus ringan sampai berat, sedangkan aligner ditujukan hanya sebatas untuk merapikan gigi-gigi berjejal atau berjarak dengan kasus ringan. Behel memerlukan kontrol yang rutin dengan mengganti karet ataupun kawat setiap bulan, namun aligner memerlukan ketelatenan dan kedisiplinan penggunanya untuk memakai aligner dalam jangka waktu tertentu dan mengganti aligner ke aligner berikutnya dalam waktu rata-rata 2 minggu. 

Jadi, ketahuilah dahulu kondisi gigi anda dengan berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis orthodontik terbaik kepercayaan anda. BIA (Bali Implant Aesthetic) Dental Center hadir dengan fasilitas terbaik dan dokter gigi-dokter gigi terpercaya di bidangnya, termasuk spesialis orthodontik. Dengan mengetahui kebutuhan perawatan orthodontik sesuai dengan kondisi gigi anda, perawatan orthodontik dapat memberikan hasil yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *